Impresi Menonton Acara Pencarian Bakat dalam Mengembangkan Minat Berkarir di Bidang Fashion
Keywords:
Watching Intensity , Indonesia’s Next Top Model, Teenager Interest , FashionAbstract
Indonesia's Next Top Model ialah sebuah acara pencarian bakat untuk wanita muda yang ingin memulai karir di bidang fashion. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari intensitas menonton acara Indonesia’s Next Top Model terhadap pembentukan minat remaja terjun ke fashion industry. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif melalui metode survei kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi sedang antara keinginan remaja untuk bergabung dengan industri fashion dan intensitas menonton acara YouTube Indonesia's Next Top Model dengan nilai sebesar 0,444. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan minat remaja untuk berkarir di bidang fashion, dipengaruhi sebesar 19,7% oleh intensitas menonton acara fashion. Pengaruhnya terhitung rendah. Adapun 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain, dapat berupa faktor jenis kelamin, dorongan, perhatian, dan tempat sekolah. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan suatu media komunikasi oleh seorang individu mampu mempengaruhi individu tersebut, meskipun demikian juga terdapat beberapa hal lain yang mendukung timbulnya efek akan media komunikasi massa pada diri seorang individu.
Downloads
References
Abdullah, I. & Gani, M. I. A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2).
Afandi, N. N., H. Kusumawardani, & E. Sintawati. (2021). Motivasi Siswa Memilih Kompetensi Keahlian Desain Fesyen di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi, 1(4).
Ahmad, N., A. Salman, & R. Ashiq. (2015). The Impact of Social Media on Fashion Industry: Emperical Investigation from Karachiites. Journal of Resourcer Development and Management, 7, 1-7.
Antaranews.com. (2022). Erick Thohir: Gen Z dan TI Potensi Kembangkan Ekonomi Digital. Antara News, 20 Oktober 2022. Diakses melalui https://www.antaranews.com/berita/3191957/erick-thohir-gen-z-dan-ti-potensi-kembangkan-ekonomi-digital pada tanggal 10 Januari 2024.
Asidah, E. (2022). Etika Bisnis Era Milenial. NTB: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.
Fatmawati, E. (2022). Praktik Sosial Pemustaka Digital Natives: Dalam Bingkai Konsumerisme Ruang Perpustakaan. Yogyakarta: Deepublish.
Haracklewicz, et. al. (2016). Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education. Policy Insights Behav Brain Sci, 3(2).
Kominfo.go.id. Kuliner, Kriya dan Fashion, Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif, 2017. Diakses melalui https://www.kominfo.go.id/content/detail/11034/kuliner-kriya-dan-fashion-penyumbang-terbesar-ekonomi-kreatif/0/berita_satker pada tanggal 10 Januari 2024.
Mohtar, S. & M. Abbas. (2014). Teenager’s Preferences and Choice Behavior towards Branded Or Unbranded Products. IOSR Journal of Business and Management, 16(7).
Muadz, dkk. (2021). Dinamika Komunikasi Konseptual. Surakarta: UNISRI Press.
Murasmutia, et. al. (2015). Hubungan Antara Citra Tubuh dan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Pakaian pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 4(8).
Nida, F. L. K. (2014). Persuasi dalam Media Komunikasi Massa. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2).
Nurfendah, Y. (2018). Minat Berwirausaha di Bidang Fashion pada Siswa Kelas XI Tata Busana SMK Negeri 2 Godean. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Busana, Universitas Negeri Yogyakarta (skripsi).
Padrianto, dkk. (2020). Digitalisasi dan Humanisme dalam Ekonomi Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pelaku Bisnis. (2018). Menguak Tiga Besar Penyumbang Perekonomian Ekraf. https://pelakubisnis.com/2018/07/menguak-tiga-besar-penyumbang-perekonomian-ekraf/
Rosmawati, dkk. (2023). Komunikasi Pembangunan. Bandung: Media Sains Indonesia.
Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1).
Wibowo, P. (2019). Desainer Baru Birokrasi: Menyambut Gelombang ASN Milenial di Birokrasi. Yogyakarta: Phoenix Publisher.
Wiryanto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jovita Farah Adiba, Hestin Oktiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.