DIGITAL DIVIDE PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

https://doi.org/10.37295/wp.v15i2.119

Authors

  • Nana Mulyana Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung, Indonesia
  • Anisa Utami Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung, Indonesia
  • Intan Fitri Meutia Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung, Indonesia

Keywords:

Digital Devide, UNBK, High School

Abstract

Indonesia memiliki masalah yang cukup serius dalam pemerataan teknologi, kebijakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diterapkan di Kabupaten Pesawaran menjadi perhatian karena beberapa perbedaan dengan daerah-daerah lainnya yang juga melaksanakan UNBK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kesenjanagn Digital yang ada di Kabupaten Pesawaran khusunya pelaksanaan UNBK di SMPN 25 Pesawaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor penyebab kesenjangan digital terjadi di SMPN 25 Pesawaran yaitu Pertama, faktor teknologi yang terkait dengan Jalan ke akses telekomunikasi, serta faktor siswa sebagai pengguna yang belum melek akan TIK. Kedua, kondisi sosial ekonomi masyarakat di SMPN 25 Pesawaran masih banyak yang berada pada posisi menengah ke bawah sehingga TIK belum menjadi kebutuhan yang mendasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Indeks Pembangunan Teknologi. Jakarta: BPS.

Dewan, S. & Riggins, F. J. (2005): The Digital Divide : Current and Future Research

Dijk, Jan van. (2000). The Digital Divide As a Complex and Dynamic Phenomenon. Dalam Ken Hacker & Jan Van Dijk. Digital Democracy, Issues of Theory and Practices. London: Sage

Gelder, A. van. (2006). Fashion and Foreign Aid: A Realistic Look at The ‘Digital Divide’. Review-Institute of Public Affairs, 58(1), 31-34.

Nasution, Z. (2007). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

OECD. (2001). Understanding The Digital Divide. Diakses pada tanggal 8 Juni 2018 dari OECD Publications: http://www.oecd.org/internet/interneteconomy/1888451.pdf.

Pratama, Y. (2017). Kondisi Sosial Ekonomi Pekerja di Objek Wisata Pantai Dewi Mandapa Desa Gebang Pesawaran. Bandarlampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNILA.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zulham. (2014). Kesenjangan Digital Dikalangan Guru SMP. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Published

2023-07-30

How to Cite

Mulyana, N., Utami, A., & Meutia, I. F. (2023). DIGITAL DIVIDE PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER. Wacana Publik, 15(2), 59–63. https://doi.org/10.37295/wp.v15i2.119