PENERAPAN NOMENKLATUR JABATAN PELAKSANA DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EDWARD III & DESSLER

Pindo Riski Saputra, Dedy Hermawan, Jeni Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan nomenklatur jabatan pada level pemerintah daerah serta untuk mengetahui hambatan yang dialami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif  Hasil penelitian ini menggambarkan implementasi nomenklatur jabatan pelaksana, dilingkungan sekretariat daerah provinsi lampung, diantaranya sudah berjalan dengan baik, namun pada indikator tahapan disposisi mengalami kendala terkait komitmen organisasi dari masing-masing biro, selain indikator implementasi peneliti juga menyimpulkan bahwa penerapan manajemen sumberdaya manusia telah menerapkan fungsi MSDM yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Penyusunan staffing dan Pengendalian. dimana dalam organisasi birokrasi pemerintah usulan nomenklatur tersebut diatur dalam analisis jabatan dan analisis beban kerja.  Penelitian ini merekomendasikan saran yaitu keterlibatan pemimpin dalam memperhatikan dan mengontrol ASN selaku SDM utama pada organisasi publik demi menjaga kualitas dan hasil kerja yang diharapkan. serta melakukan evaluasi kerja berkala dengan jelas dan tegas, sehingga dapat membimbing Aparatur Sipil Negara sebagai sumberdaya utama organisasi publik, menuju ke arah yang lebih baik. Serta dalam rangka mengoptimalkan penerapan nomenklatur jabatan, ASN harus melakukan penyesuaian kompetensi dan pendidikan sesuai dengan jabatan yang diemban, demi mendukung kemajuan sumber daya manusia. 


Keywords


Nomenklatur Jabatan, ASN, Implementasi Kebijakan, Manajemen Sumberdaya Manusia Sektor Publik.

Full Text:

PDF

References


Agustino, L. (2016). Dasar-Dasar Kebijakan Publik (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Aryono, S. (2020). Sejumlah OPD Pemprov lampung dirombak diakses 26 April 2020 https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/lampunggeh/sejumlah-opd-pemprov-dirombak-gubernur-lampung.

Dessler, G. (2015). Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Indeks.

Edy, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Undang-undang No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Irfan, M. (2013). Pengalihan Jabatan Struktural ke Jabatan Fungsional : Suatu Telaahan Penghapusan Jabatan Eselon III dan IV di Badan Kepegawaian Negara. Kebijakan Dan Manajemen, 7(1), 40–55.

Komara, E. (2019). Kompetensi Profesional Pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) di Indonesia. MIMBAR PENDIDIKAN, 4(1), 73-84. doi:https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16971

Miles, M.B & Huberman, A.M. (2002). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2018 Tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pardede, A. C., & Mustam, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Pegawai Negeri Sipil Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Di Kabupaten Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(4), 122–140.

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 56 Tahun 2019 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Lampung.

Sedarmayanti. (2004). Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik) Bagian Kedua Membangun Sistem Manejemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik). Bandung: Mandar Maju

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiowati, R., & Virginia, D. (2019). RESTRUKTURISASI BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PELAKSANA PENYULUHAN DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI KOTA BANDARLAMPUNG. Wacana Publik, 12(02). doi:https://doi.org/10.37295/wp.v12i02.22

Theresia, A & Andini, K. S. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat : Acuan Bagi Praktisi, Akademisi dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37295/wp.v15i01.59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________

Wacana Publik

Organized by: Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  STISIPOL Dharma Wacana
Published by: STISIPOL Dharma Wacana

Jalan Kenanga Nomor 3 Mulyojati 16c Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung Indonesia
Phone: (0725) 43241
Fax: (0725) 43241

Email: redaksiwacanapublik@stisipoldharmawacana.ac.id

 Creative Commons License

Wacana Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web counter View My Stats