EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS KETAHANAN PANGAN, PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA METRO DALAM PENCAPAIAN VISI KOTA METRO (IMPLEMENTASI PERDA NOMOR 24 TAHUN 2016)

Dewi Oktarina

Abstract


Restrukturisasi organisasi merupakan salah satu bentuk harapan dan keinginan pengefektifan fungsi pemerintah dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi organisasi dengan harapan fungsi pemerintahan akan semakin efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Efektivitas Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi pada  Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UPT-UPT Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Dalam Pencapaian Visi Kota Metro (Implementasi Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2016). Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan data kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian data tersebut diolah, sehingga menghasilkan data yang berupa uraian penjelasan tentang Efektivitas Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pelaksaan tugas pokok dan fungsi pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Metro yaitu : 1. Rencana strategis sebagai acuan dalam menentukan prioritas program dan indikator kegiatan yang disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi  2. Penanggungjawab pelaksana program dan kegiatan dengan tugas pokok dan fungsi 3. Beberapa Tugas Pokok dan Fungsi belum dapat terlaksana dikarenakan keterbatasan anggaran 4. Keterbatasan Sumber Daya Manusia menjadi penyebab ketidaksesuaian dalam penempatan personil. 5. Tugas pokok dan fungsi yang dalam penempatannya kurang tepat, maka  diperlukan adanya evaluasi untuk perbaikan penjabaran tugas pokok dan fungsi. 6. Jumlah anggaran belum sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sehingga ada beberapa Tupoksi yang belum dapat dilaksanakan. 7. Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi belum dilaksanakan secara efektif dikarenakan keterbatasan SDM dan anggaran yang dimiliki.


Keywords


Efektifitas Tugas dan Fungsi, Dinas Ketahanan Pangan

References


Gibson, et al, 1995. Organisasi dan Manajemen, Edisi ke empat, Jakarta : Erlangga.

Gibson, 2002 . Organisasi Perilaku–struktur –proses , Terjemahan, Edisi V. Jakarta: Penerbit Erlangga

Lexy,J Moleong. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Robbins, P. Stephen, 1995, Teori Organisasi: Stuktur, Desain dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Cetakan Kedua, alih bahasa Jusuf Udaya, Arcan, Jakarta

Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Sedarmayanti. 2009. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Mandar Maju.

Sedarmayanti. 2010. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, CV. Mandar Maju, Bandung.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah

Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 24 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat daerah Kota Metro




DOI: https://doi.org/10.37295/wp.v14i01.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.