PEMBEDAYAAN UKM DIGITAL BERDASARKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (STUDI PADA PROGRAM TELKOM INDONESIA DIGITAL COMMUNITY-INDIGO DI KOTA BANDARLAMPUNG)

Supriyanto Supriyanto, Maulana Agung

Abstract


Wacana pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan program CSR/PKBL BUMN bukan sesuatu hal yang baru. PT.Telkom sangat menaruh perhatian terhadap pengembangan UKM, mengingat UKM merupakan tulang punggung pertumbuhan perekonomian nasional. Namun UKM menghadapi kendala modal, perdagangan dan kompetensi. Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) oleh PT. Telkom dijadikan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Kegiatan ini dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain berupa pemberdayaan ekonomi masyarakat. Artikel ini bertujuan memberikan gambaran upaya yang dilakukan oleh PT. Telkom dalam pemberdayaan UKM berbasis digital.


Keywords


bisnis digital; pemberdayaan; UKM Digital; tanggung jawab sosial perusahaan

References


Basrowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Branco, M. C., & Rodrigues, L. L. (2008). Factors influencing social responsibility disclosure by Portuguese companies. Journal of Business Ethics, 83(4), 685–701

Dubbink, W., Graafland, J., & Van Liedekerke, L. (2008). CSR,transparency and the role of intermediate organizations. Journal of Business Ethics, 82(2), 391–406.

Ernst & Young. (2017). Value of Sustainability Reporting. Boston College Carroll School Of Management.

Idrus, M. (2007). Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif).Yogyakarta :UII Press Yogyakarta.

Hartman, A. (2000). Net Ready Stratergis For Succes In the The Economy. US: Mc Graw Hill

Kepmen BUMN Kep-117/M-MBU/2002 tentang Good Corporate Governace (GCG).

Passerini ,K., Tarabishy, A.E., & Patten, K. (2012). Information Technology for SmallBusiness. Dordrecht Heidelberg London NewYork: Springer.

Tapscott, D. (1998). The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence (New edition). US: McGraw-Hill Inc.

Zimmerman, B. J. (2000). Attaining self-regulation. A social cognitive perspective. San Diego, CA, US: Academic Press.




DOI: https://doi.org/10.37295/wp.v14i01.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.