KUALITAS PELAYANAN LABORATORIUM MIKROBIOLOGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Siti Yauharoh, Sri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM), dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan. Penelitian ini dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Berdasarkan hasil data penelitian disimpulkan bahwa kualitas layanan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran UGM cukup baik, ini terlihat dari indikator kualitas layanan: Reabilitas cukup baik; Responsif cukup baik; kepercayaan diri itu baik; empati itu baik, dilihat dari ketegasan dalam menolak dan menerima sampel; berwujud tidak baik. Faktor penghambat kualitas layanan di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, UGM meliputi: Sumber daya manusia yang bertugas menerima sampel yang kurang terampil, SOP belum tersedia untuk penerimaan sampel, sebagian besar alat yang digunakan di laboratorium masih manual, Sistem Informasi Laboratorium belum tersedia. fasilitas di ruang tunggu belum tersedia, ruang penerimaan sampel tidak memenuhi kriteria keselamatan staf, lokasi penerimaan sampel jauh, tempat untuk mengirim sampel tidak jelas, tidak ada pesanan sesuai dengan jenis/tipe pemeriksaan.

 


References


Arief. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Banyumedia Publishing.

Dwiyanto, A. 2005. Mewujudkan Good Gavernance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Keputusan Menteri Kesehatan NO.364/Menkes/SK/III/2003, tentang Laboratorium Kesehatan

Kotler, P., & Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Peraturan Menteri Kesehatan RI NO.658/Menkes/SK/VIII/2009 tentang Jejaring Diagnosis Penyakit Infeksi New-Emerging dan Re-Emerging.

Peraturan Menteri Kesehatan RI NO. 411/MENKES/PER/III/2010 tentang Laboratorium Klinik

Peraturan Menteri Kesehatan RI NO. 43/2013/ tentang Cara Penyelenggaraan Laboratorium Klinik yang Baik.

Ratminto & Winarsih, A.S. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratminto & Winarsih, A. S. 2006. Manajemen Pelayanan-Pengembangan Konseptual Citizen‘s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sinambela, dkk. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Supranto, J. 2001. Pengukuran tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Cipta Press.

Tjiptono, F., dan Diana, A. 2003. TQM (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: https://doi.org/10.37295/wp.v13i02.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.