ANALISIS PERAN PERANGKAT DESA DALAM PENERAPAN WEBSITE DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Kris Ari Suryandari, Anisa Utami

Abstract


Berlakunya Otonomi daerah merupakan salah satu jalan yang dimiliki pemerintah daerah untuk mengembangkan daerahnya masing-masing, karena daerah diberikan kebebasan untuk mengatur rumah tangganya sendiri, hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Pasal 1 Ayat (6) Tahun 2014. Dengan adanya konvergengsi teknologi, terdapat banyak perubahan yang berjalan sangat cepat. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi rupanya telah mempengaruhi setiap lini  kehidupan masyarakat. Semakin majunya teknologi yang ada di pemerintah daerah harus dapat memanfaatkannya dengan baik, guna menyediakan pelayanan yang baik kepada masyarakat terutama peran perangkat Desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Pada masa pandemi, kebiasaan dalam berkomunikasi dan berinteraksi digantikan dengan cara bertemu dalam dunia maya atau disebut virtual dan mengandalkan internet. Transformasi metode berkomunikasi tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri untuk seluruh lapisan masyarakat desa maka dengan begitu peran perangkat desa dalam optimalisasi penerapan website desa terutama untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat ditengah wabah Covid-19 sangat dibutuhkan. Metode penelitian ini adalah kualitatif desktiptif dengan informan perangkat desa. Fokus penelitian diarahkan pada peran perangkat desa dalam meningkatkan pelayanan masyarakat terutama dalam penerapan website desa. Hasil dari Penelitian ini Tingkat pengetahuan aparat Desa Kalirejo terhadap pemahaman terkait Peran Perangkat Desa Dalam Penerapan Website Desa Pada Masa Pandemi Covid-19 sudah cukup baik. Hal tersebut didukung dengan sarana dan prasarana yang tersedia di Kantor Desa Kalirejo yang dapat digunakan sebagai pendukung penerapan website desa serta tingkat kesadaran dan bentuk perilaku aparat Desa Kalirejo untuk dapat mengaktifikan kembali dan mengelola website desa sudah menuju perilaku yang tanggap, sadar dan peduli sehingga merasa membutuhkan peningkatan kapasitas diri.

 

Kata Kunci : Desa, Perangkat Desa, Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19, Website Desa


Full Text:

PDF

References


Alfaini, A.U.H., Wulandari, U.F. & Nadlir. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Guna Meningkatkan Kinerja Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Gondang Mojokerto. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2).

Junaedi, W. R., Utama, G.B.R. & Waruwu, D. (2021). Digital Marketing Pembangunan Desa Wisata. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka

Muslih, B. (2020). Urgensi Komunikasi dalam Menumbuhkan Motivasi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan Penataran, 5(1).

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integred Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z di Jakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1).

Rivai, F. H. (2019). Membangun Budaya Birokrasi Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Transformasi Administrasi, 9(2).

Suharsono, B., Sari, J. Y., & Noorhasanah, Z., Syahrul & Budiman, A. (2021) Digitalisasi Pelayanan Publik Desa Palewai dengan Sistem Informasi Desa. Informal: Informatic Journal, 6(3), 160-169.




DOI: https://doi.org/10.37295/wp.v16i1.122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


________________________________________________________________

Wacana Publik

Organized by: Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat  STISIPOL Dharma Wacana
Published by: STISIPOL Dharma Wacana

Jalan Kenanga Nomor 3 Mulyojati 16c Metro Barat, Kota Metro, Provinsi Lampung Indonesia
Phone: (0725) 43241
Fax: (0725) 43241

Email: redaksiwacanapublik@stisipoldharmawacana.ac.id

 Creative Commons License

Wacana Publik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web counter View My Stats