Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Optimalisasi Aksesibilitas Pendidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung

https://doi.org/10.37295/wp.v18i1.65

Authors

  • Arsyah Fernanda Kurniawan Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung
  • Eko Budi Sulistio Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung
  • Vina Karmilasari Jurusan Administrasi Negara, Universitas Lampung

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan kebijakan zonasi dikota Bandar Lampung yang menunjukkan perbedaan yang jelas antara sekolah di kota besar yang memiliki sarana dan prasarana berkembang, dengan sekolah di pedesaan atau terpencil yang sering kekurangan fasilitas dan staf pengajar. Meskipun sarana dan prasarana sangat penting dalam mendukung pembelajaran, pengelolaan yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan. Permasalahan ini tidak hanya terjadi di pedesaan, tetapi juga di perkotaan, khususnya di Bandar Lampung yang mana masih memiliki sistem pendidikan yang tidak merata. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kebijakan zonasi, khususnya di SMPN 2 dan SMPN 26 Bandar Lampung, menggunakan metode kualitatif dan teori evaluasi kebijakan William N. Dunn yang mencakup enam indikator: efektivitas, efisiensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas, dan ketepatan. Meskipun kebijakan zonasi memberikan manfaat signifikan dalam mempermudah akses pendidikan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan ini belum memenuhi beberapa indikator tersebut. Efektivitas dan efisiensi belum tercapai karena persebaran dan kualifikasi sekolah yang belum optimal serta masalah pada sistem pendaftaran online. Kebijakan ini cukup memadai dalam hal kemudahan akses pendidikan, namun pemerataan dan penyetaraan sekolah masih belum merata. Masyarakat memberikan tanggapan positif terhadap kebijakan ini, tetapi ketepatannya belum terpenuhi karena adanya ketidaksesuaian antara penerapan dan temuan di lapangan. Aspek yang perlu diperbaiki meliputi pemerataan sekolah, peningkatan akurasi sistem pendaftaran online, pemahaman masyarakat tentang mekanisme pendaftaran, serta kesesuaian kebijakan dengan Permendikbud No. 1 Tahun 2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, L. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: ALFABETA.cv.

Akbar, M. F., & Mohi, W. K. (2018). STUDI EVALUASI KEBIJAKAN (Evaluasi Beberapa Kebijakan di Indonesia). Gorontalo: Ideas Publishing.

Anggraeni, R., Zauhar, S., & Siswidiyanto. (2013). Evaluasi Kebijakan Publik (Evaluasi Terhadap Proses Pengadaan Anjungan Mandiri Kepegawaian Berdasarkan Perpres No. 54 Tahun 2010 di Badan KepegawaianDaerah Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol 1, No.1, 119-127.

Difa Cucu Sabrina, I. (2019). EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM SELEKSI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA PEKANBARU. NAKHODA: JURNAL ILMU PEMERINTAHAN Volume: 18 Nomor: 2, 92-103.

Dunn, W. N. (1994). PUBLIC POLICY ANALYSIS: An Introduction Second Edition. New Jersey: A Simon & Schuster Company.

Hasbullah, & Anam, S. (2019). EVALUASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KABUPATEN PAMEKASAN. REFORMASI Volume 9 Nomor 2, 112-122.

Josua. (2021, juni 16). Sekolah Negeri Di Bandar Lampung Tak Mampu Tampung Siswa. Retrieved from Netizenku.com: https://netizenku.com/sekolah-negeri-di-bandarlampung-tak-mampu-tampung-siswa/ (Diakses pada 13 September 2023, Pukul 12.30 WIB)

Junaedy, I. K., Mardika, I. M., & Yudhiantara, I. M. (2021). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Abiansemal. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6 (2), 107-115.

Karmila, M., Syakira, N., & Mahir. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Mappesona Vol 3 No 1, 1-14.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Maulana, D., & Nugroho, A. (2019). KEBIJAKAN PUBLIK Cara Mudah Memahami Kebijakan Publik. Serang: CV. AA RIZKY.

Mustari, N. (2015). PEMAHAMAN KEBIJAKAN PUBLIK Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Ristanti, R. M. (2023, Juli 11). Wali murid keluhkan PPDB SMP di Bandar Lampung: Sekarang apa apa online. Retrieved from Tribun Lampung: https://lampung.tribunnews.com/2023/07/11/wali-murid-keluhkan-ppdb-smp-di-bandar-lampung-sekarang-apa-apa-online (Diakses pada 24 April 2024 Pukul 19.00 WIB)

Sabar Budi Raharjo, Y. A. (2020). PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN ZONASI PENDIDIKAN. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). EVALUASI SISTEM ZONASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) TINGKAT SMP DI KOTA SURABAYA. Publika. Volume 9. Nomor 4, 491 - 502.

Sri. (2023, juli 10). Disdukcapil temukan puluhan kecurangan PPDB jalur Zonasi di Bandar Lampung. Retrieved from Kupastuntas.co: https://kupastuntas.co/2023/07/10/disdukcapil-temukan-puluhan-kecurangan-ppdb-jalur-zonasi-di-bandar-lampung (Diakses pada 12 September 2023, Pukul 15.00 WIB)

Tachjan, H. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Bandung: AIPI.

Tresiana, N., & Duadji, N. (2017). Kebijakan Publik Teori dan Praktek Model-Model Pengelolaan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Suluh Media.

Waruwu, & Marinu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 1, 2896-2910.

Published

2024-06-15

How to Cite

Kurniawan, A. F., Sulistio, E. B., & Karmilasari, V. (2024). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Optimalisasi Aksesibilitas Pendidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung. Wacana Publik, 18(1). https://doi.org/10.37295/wp.v18i1.65